Jumat, 30 Desember 2011

Rangkaian Pencatat Pengunjung Digital

Gambar skema Rangkaian Pencatat Pengunjung Digital berserta komponen dan cara pembuatan Rangkaian Pencatat Pengunjung Digital



Rangkaian pencatat pengunjung digital ini untuk menggantikan sistem pencatat manual yang kurang praktis dan efisien. Gedung khususnya tempat hiburan dan perbelanjaan merupakan tempat keluar masuknya pengunjung. Informasi banyaknya pengunjung sangatlah diperlukan oleh manajemen pihak gedung.
Untuk itu diperlukan suatu piranti yang digunakan untuk mengetahui jumlah pengunjung tiap harinya dimana datanya dapat digunakan sebagai salah satu acuan pengelolaan manajemen gedung. Data harian pengunjung gedung penting untuk pengelolaan dan pengembangan bagi manajemen gedung tersebut. Data grafik peningkatan atau penurunan pengunjung nantinya dapat dimanfaatkan lebih lanjut untuk persiapan diadakannya suatu promosi  atau pengaturan pengamanan gedung dan lain sebagainya.
Mikrokontroller merupakan komponen elektronika yang di dalamnya telah dilengkapi dengan fasilitas input/ouput, memori (ROM dan RAM), sangatlah cocok digunakan untuk berbagai aplikasi. Pada tulisan ini alat pencatat jumlah orang di dalam ruangan menggunakan mikrokontroller AT89C2051.
Rangkaian pencatat pengunjung digital ini cukup handal yang mengambil alih tugas menghitung jumlah orang/pengunjung di dalam ruangan yang sangat akurat. Ketika seseorang masuk ke dalam ruangan maka counter/penghitung  ini bertambah satu dan ketika salah seorang meninggalkan ruangan akan berkurang satu. Jumlah orang di dalam ruangan ditampilkan pada display tujuh segmen.
Mikrokontroler melakukan pekerjaan dengan menerima sinyal dari sensor, dan sinyal ini dioperasikan di bawah kontrol perangkat lunak yang disimpan dalam ROM.

Sumber : josepino.com

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com