Jumat, 30 Desember 2011

Cara Buat File Exe Visual Basic


Tanpa membuka program Visual Basic 6.0 kita dapat membuka program hasil karya kita, bagaimana ya caranya… ya buat file execute dong! (file berextensi .exe/ singkatannya executable, indonesianya file untuk mengeksekusi gitu…)
Yang perlu diperhatikan adalah :..
  1. Startup Object (biasanya dengan splash screen)
  2. kita juga merubah hal lain dari program kita, seperti :
-         version number
-         version information
-         dan icon program kita
Semua hal diatas dapat kita temui di menu-project-nama project properties, ubah-ubah saja sesuka hati. Lalu apa gunanya ?


  1. Startup Object kita atur untuk menampilkan form yang mana dulu ketika icon program hasil execute kita nanti dibuka.
  2. Version number dan version information dapat kita lihat di properties file execute program kita (klick kanan icon program-properties) pada tab version akan muncul berbagai informasi mengenai program kita, hal tersebut berkenaan dengan hak cipta tentunya.
  3. icon program di ubah agar tidak sepert icon form/MDI-form nya VB6. jadi kita bisa berkreasi sendiri dengan icon program kita.
Nah untuk compile project kita menjadi file *.exe sangatlah mudah, dengan tinggal pilih menu-make namaproject.exe, untuk lokasi penyimpanan filenya biasanya sama dengan lokasi file projectnya, sedangkan nama dari file exe itu bisa kita ubah.
Setelah muncul Jendela Make Project bisa kita ubah nama dan lokasi penyimpanan untuk file exe kita, setelah itu pilih tombol OK. Nah selesai dech, sekarang buka windows explorer, file exe kita sudah jadi… silakan mencoba

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com